ADMINISTRATIF LOMBA

Untuk mengikuti perlombaan, terdapat beberapa berkas yang harus dipenuhi untuk dapat mendukung pelaksanaan lomba yang akan dilakukan. Untuk berkas nya sendiri sebenarnya tidak banyak kok, yaitu hanya Proposal Pendanaan Lomba dan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Keuangan Lomba. Untuk penjelasan mengenai kedua berkas ini yaitu sebagai berikut.

1. Proposal Pendanaan Lomba
Proposal pendanaan lomba adalah proposal yang pada intinya berisi mengenai kemungkinan dana yang akan kita keluarkan mulai dari persiapan, pelaksanaan, hingga selesai melaksanakan lomba.

Wah jadi banyak dong pengeluarannya?

Tenang aja, inilah manfaat dari kita membuat proposal pendanaan lomba. Dengan adanya proposal ini, kita dapat meminta bantuan dari pihak-pihak terkait seperti Tata Usaha (TU) Program Studi Teknik Kelautan ITB dan juga Lembaga Kemahasiswaan (LK) ITB.

Wow! Baik banget dong kalo gitu, buat dana lomba nya udah ditanggung?

Iya memang begitu, karena sebenarnya tujuan dari hal tersebut adalah untuk memotivasi para Mahasiswa ITB untuk dapat berkarya lebih dan memiliki daya saing dengan Mahasiswa-mahasiswa lain.

Ohiya sekedar catatan, karena dana yang dimiliki baik oleh Pihak TU Teknik Kelautan maupun LK ITB terbatas, seringkali dana yang diberikan tidak 100% dari total dana yang kita minta. Hal ini juga dikarenakan untuk memperhitungkan adanya proposal-proposal lomba lainnya yang juga akan diterima. Oleh karena itu, dalam membuat proposal pendanaan lomba ini harus rasional dan sebijak-bijaknya, agar dana dapat digunakan oleh teman-teman yang lain juga nantinya 😀

Langsung aja nih buat yang bingung gimana bentuk proposalnya, dapat didownload pada laman berikut.
Contoh Proposal Pendanaan Lomba ke TU Teknik Kelautan ITB
Contoh Proposal Pendanaan Lomba dan Surat Permohonan Dana ke LK ITB (Diajukan Bersamaan)

2. Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Keuangan Lomba
Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Keuangan Lomba adalah laporan yang berisi penggunaan dana selama proses kegiatan lomba berlangsung. Intinya, laporan ini berisi perbandingan antara dana yang telah tercantum pada proposal pendanaan lomba yang telah diajukan sebelumnya, dengan dana aktual yang telah kita gunakan.

Untuk apa sih sebenernya laporan ini dibuat?

Laporan ini dibuat sebagai bentuk transparansi keuangan yang telah dilakukan antara pihak Mahasiswa dengan pihak TU dan LK. Jadi, apabila dalam pelaksanaannya dana rencana > dana aktual, maka kelebihan tersebut harus dikembalikan ke pihak TU atau LK. Hal ini tentunya agar dana lebih tersebut dapat disimpan kembali dan digunakan oleh mahasiswa lain yang akan mengikuti lomba nantinya.

Nah buat yang bingung gimana bentuk LPJ Keuangan Lomba ini, langsung aja download dari laman berikut.
Contoh LPJ Keuangan Lomba ke TU Teknik Kelautan ITB
Contoh LPJ Keuangan Lomba ke LK ITB

Gimana? Ga susah kan cara buat berkas-berkas administratif dari lomba?

So pasti, karena tujuan dari hal ini sebenarnya adalah sebagai pendukung untuk lomba yang akan kita jalani. Yuk tunjukan semangat berkarya mahasiswa dan kita ikuti lomba-lombanya! 😀

Sekian, semoga informasi ini bermanfaat 🙂